Lingkaran Itu tak Bersudut

Minggu, 17 April 2011

Hukum Kehidupan

        
Alloh telah berjanji dengan kata-kata suciNya. Bahwasanya, siapa yang rajin bersyukur pada-Nya akan ditambah nikmat dariNya. Jika kita telisik lebih dalam lagi. Kita bisa menemukan layaknya seorang manusia yang merasa senang ketika mendapatkan ucapan terima kasih atas apa yang telah ia berikan untuk orang lain.
Rasa syukur bisa digeneralisasikan sebagi gubahan kata terima kasih, matur nuwan, thank you, arigato. Dan siapa sih yang gak merasa terasa tersanjung diberi ungkapan kata tersebut???
       Sewajarnya, tentu manusia merasa tersanjung dengan ungkapan tersebut. Dan rasa tersanjung itulah yang membawanya merasa tidak menyesal dalam memberikan sesuatu kepadanya. Selanjutya, dan sewajarnya ia akan mengulangi kembali pemberian untuk orang tersebut.
      Jika kita berani berfikir secara mendalam dengan hakekat kita secara sewajarnya. Maka dapat kita temukan bahwa ungkapan rasa terima kasih-syukur membuat sang pemberi merasa dihargai atas pemberianya. Dan bagaimana jika rasa senang itu ada pada Tuhan. Dimana yang kita tahu Allohmemiliki hal yang melebihi manusia. Biarpun Tuhan, Dia juga berhak untuk bisa merasakan rasa dihargai oleh hamba-hambaNya. Meski hal itu tentu tidak mengubah kekonsistenan Alloh sebagai Tuhan yang agung. Dengan tidak atau menghargai Alloh oleh kita, tentu saja tidak membawa pengaruh apapun untuk Alloh.
       Segala hal yang kita lakukan, hakekatnya adalah untuk kita sendiri. Kita bersyukur, hakekatnya untuk keberuntungan kita sendiri, kita bersabar hakekatnya untuk kebaikan kita sendiri. Karena sebenarnya Alloh telah menentukan kodrat kehidupan ini melalui janji-janji suciNya. Barang siapa bersyukur padaNya maka akan ditambahlah nikmat untukNya, barang siapa bersabar ia akan memetik hasil yang lebih baik dari perkiraanya. Nah begitulah Alloh memberikan kita pelajaran. Kita tidak bisa serta merta mendapatkan nikmat2 Alloh secara tambah terus menerus tanpa kita iringi dengan rasa Syukur,. Bgitupun kita tidak akan mendapatkan hasil yang baik jika kita tidak bisa bersabar. Sederhana saja, kita tentu akan males kasih sesuatu lagi ke orang yang tidak bisa menghargai pemberian kita. Benarkan?. Nah begitu pun Alloh yang tentu telah menetapkan hukum kehidupan ini sesuai dengan iramaNya. Segala sesuatu telah Alloh tentukan. Tinggal kita minta petunjuk untuk rute2 jalan hidup kita.
       Jika kita telah berani mengatakan sebenarnya kesulitan hidup ini mudah, maka beruntunglah orang2 yang seperti itu. Karena baginya, ia percaya dengan adanya Alloh semua akan baik2 saja. :))

Tidak ada komentar:

Posting Komentar