Lingkaran Itu tak Bersudut

Minggu, 06 Juli 2014

Komisi Kewajiban Manusia

Apalagi,Alloh lah yang punya hak milik atas diri kita.Namun Maha bijaksana Dia memberi kita hak atas diri kita.Hak meminta kemudian Alloh kasih lebih, Hak menjadi makhluk yg mulia kmdian Alloh kasih ampunan dan petunjuk.Hingga Hak uk menikmati hidup kemudian Alloh kasih nikmat yg luar biasa bnyknya.Apalgi? namun karena keterlaluan kita,dng gmapngnya kita mengatasnamakan hak dalam setiap perbuatan kita.Tanpa kita mau tahu bgmana kewajiban kita.Bukankah adanya hak setelah ditunaikanya kwjiban kita? ... bersikap arogan dng mudah kita katakan hak hidup kita,suka-suka kita.Pokoknya semua adlah hak asasi hidup yg tak bisa di campuri dng hukum manapun..kita lupa kita adlah makhluk sosial yg jg terikat dng hukum hak dan kewajiban.Maka uk apa ada polisi jika penjahat dengan mudah mengatasnamakan hak uk berbuat salah.Dan ketika mendpt hukuman mereka membela diri dng mengtsnamakan hak asasi manusia uk hidup bebas dan merdka.Atau seorang manusia mengatas namakan hak untuk tidak menjalnkan perintah agama, bahkan mereka berkata
"Bukankah dosa itu dosa aku sendiri. Hak-hak aku dong mau gimana-gimana.mengapa juga kamu harus mengataiku dan bersusah payah sok menasehatiku"
Seperti itu kebebelan kita hingga kita dengan mudah berkata seperti itu?.Mungkin kita tak akan tahu, bisa jadi Alloh "tersakiti" dengan kata-kata itu.Pantaskah kita "menyakitiNya". Karena nasehat yang baik sesungguhnya adalah perkataan yang tidak langsung dari Alloh, yang Alloh titipkan dari hati manusia lain atau diri kita sendiri.
Mungkin akan seimbang jika ada komisi Kewajiban manusia uk mengimbangi komisi hak manusia,aneh memang.Mungkin setidaknya uk mengingatkan kita akan kewajiban sblm pd akhirnya kita menuntut hak asasi kita.Paling tidak kita menjadi makhluk yang pandai berterima kasih pada Alloh,paling tidak. :-)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar