Lingkaran Itu tak Bersudut

Rabu, 04 Mei 2011

Siksa Kubur





Gambar-gambar di bawah ini adalah photo seorang pemuda berusia 18 tahun yang meninggal di salah satu rumah sakit di Oman. Mayat pemuda tersebut digali kembali dari kuburnya setelah 3 jam dimakamkan yang disaksikan oleh ayahnya. Pemuda tersebut meninggal di rumah sakit dan setelah dimandikan lalu dimakamkan pada  hari itu juga. Tetapi setelah selesai proses pemakaman, ayahnya merasa ragu atas diagnosa dokter dan menginginkan jenazah anaknya untuk diidentifikasi kembali kebenaran penyebab kematiannya. Seluruh kerabat dan teman-temannya begitu terkejut saat mereka melihat kondisi mayat tersebut setelah ditinggal hanya 3 jam dari pemakaman pada hari itu juga. Mayat tersebut begitu berbeda dalam 3 jam. Dia berubah tampak keabu-abuan seperti orang yang sudah tua. 
Dengan tampak jelas bekas siksaan dan pukulan yang amat keras dan dengan tulang-tulang kaki dan tangan yang hancur begitu pula ujung -ujungnya sehingga seluruh badan dan mukanya memar. Matanya yang terbuka memperlihatkan ketakutan, kesakitan dan keputusasaan. Darah yang begitu jelas menandakan bahwa pemuda tersebut sedang mendapatkan siksaan yang amat berat. 
Sebagai penutup dari orang yang meninggal tersebut semuanya ditujukan kepada ilmu pengetahuan tentang Islam yang mana tidak dapat dipungkiri lagi keteragnannya bahwa siksa kubur itu benar adanya seperti yang diperingatkan oleh Allah SWT dan Nabi Muhammad SAW.
Setiap orang mati dicoba di dalam kubur terkecuali untuk Shahids yang tewas dalam Jihad di jalan Allah. Ini adalah tes yang mengerikan yang datang sebelum Yaumul Kiamat.
Hadist Rasulullah SAW:
Setelah kematian,  arwah insan (hamba Allah) yang shalih yang meninggal akan dikembalikan ke tubuh lalu dua Malaikat akan datang, yaitu Munkar dan Nakir, dan akan bertanya: "Siapa Tuhanmu?" Ia akan menjawab: "Tuhanku Allah". Kemudian mereka akan bertanya: "Apakah agamamu?" Ia akan menjawab: "Agamaku Islam". Kemudian mereka akan bertanya lagi: "Siapakah Rasulmu?" Ia akan menjawab: "Dia adalah Nabi Allah Muhammad Rasulullah". Kemudian mereka akan bertanya kembali: "Bagaimana kau tahu?" Dia akan menjawab: "Aku membaca Kitab Allah dan mengimaninya yaitu Al Quran pedoman hidupku. 
Dan kemudian dari langit suara itu akan datang: "hambaKu telah mengatakan yang sebenarnya, berbaring ketika tidur dari surga dan membuka gerbang surga". Maka mulai dibukakan matanya dan ia mulai merasakan kenikmatan surga, dan makamnya menjadi luas.
Rasulullah SAW pula bersabda sebaliknya tentang orang-orang berdosa. Setelah kematian, arwah orang meninggal tersebut akan dikembalikan ke tubuh lalu dua Malaikat akan datang dan bertanya: "Siapa Tuhanmu?" Ia akan menjawab: "aku tidak tahu". Kemudian mereka akan bertanya: "Siapa Rasulmu?" Ia kembali akan menjawab: “aku tidak tahu” dan kemudian dari langit suara itu akan datang: "siksa dia dan tunjukkan kepadanya gerbang neraka!” Maka akan diambil sebagian kecil dari panas api neraka, dan makamnya menjadi sempit.
Dalam Hadis itu juga mengatakan, bahwa Malaikat Allah SWT akan mengadzab dan menyiksa orang-orang berdosa selama diinterogasi di alam kubur (barzakh) tersebut dan penyiksaan sungguh mengerikan. Hal ini dijelaskan pula, bahwa Rasulullah SAW berdoa kepada Allah untuk melindunginya dari siksa kubur dan meminta ummatnya muslimin wal muslimat untuk ikut melakukannya.
Kisah nyata kematian pemuda berusia 18 tahun ini adalah peringatan bagi orang beriman dan hal ini merupakan tanda-tanda kebesaran Allah SWT. Mereka memiliki mata tetapi tidak digunakan untuk melihat, dan memiliki telinga tetapi tidak mendengar? Semoga ini menjadi bahan tafakur untuk kita bersama dan juhud menjauhkan kecintaan kita pada segala hal duniawi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar